Norwegia negara terbaik menjadi ibu??

Setelah baca ini, saya jadi pengen buru2 kerja lagi. Tapi berarti harus diikuti dengan buru2 punya anak lagi dong??? Kalo gitu….ntar dulu deh….

——————————————————————————————————

Sebuah survei terbaru menunjukan Norwegia menjadi negara terbaik di dunia untuk menjadi seorang ibu.

Lembaga internasional Save the Mother menyebutkan negara Skandinavia tersebut memiliki angka kematian saat melahirkan terendah.ย Di Norwegia cuti hamil sepanjang satu tahun penuh.

Ukuran lain yang digunakan adalah angka kematian anak yang rendah, masa hidup perempuan yang lebih panjang dan pendidikan bagi perempuan yang lebih tinggi, serta cuti melahirkan sepanjang satu tahun penuh.

Australia dan Islandia menjadi negara kedua dan ketiga dalam daftar yang sudah dikeluarkan sebanyak 12 kali tersebut.

Dari 164 negara yang di survei, Eropa menjadi penyumbang terbesar dalam daftar tertinggi dan Afghanistan menjadi negara terburuk untuk ibu.

Sedangkan Amerika Serikat hanya berada di peringkat. Tidak diketahui ada di peringkat berapa Indonesia dalam survei ini.

10 negara terbaik untuk menjadi seorang ibu

1. Norwegia
2. Australia
3. Islandia
4. Swedia
5. Denmark
6. Selandia Baru
7. Finlandia
8. Belgia
9. Belanda
10. Prancis

10 negara terburuk untuk menjadi seorang ibu
155. Republik Afrika Tengah
156. Sudan
157. Mali
158. Eritrea
159. Kongo
160. Chad
161. Yaman
162. Guinea-Bissau
163. Niger
164. Afghanistan

Advertisements

About tisyonk

A late-aged girl who just realized that destiny has made her to be a woman ^_^
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

10 Responses to Norwegia negara terbaik menjadi ibu??

  1. idarifai says:

    cuti setahun? mauuuuuu

    eh gw aja masih unpaid leave 2th kok *ngikik*

  2. pengen buru2 kerja tis?waduuh.. aku wae pengen buru2 resign whahaha.. mesakne nek sangsoyo gedhe nek ditinggal, opo meneh yen wis setaun keatas ki statuse nek nang TV BO alias Bimbingan Orangtua ๐Ÿ˜€
    tp yen sistem nang norwe diterapke nang indonesia mayan juga ya, njupuk cuti setaun pas wayahe mlebu resign wekekek.. *perusahaan podo bangkrut nek ibu2 pikirane podho ngono*

    • tisyonk says:

      Hahaha..
      Jangan salah buโ€ฆkerja ng norwe ora kaya ng Indo. Kerja ng omah online yo iso…mlebune awan2nan ae & bali gasik. Sing penting gawean rampung. Cuti2 aneh kaya ngeterke anak sekolah hari pertama, anak ke dokter gigi,endebre endebre sing aneh2 ana lho. Nek ta kekepi terus malah sakno, kan bocah butuh bergaul karo anak2 seumuran. Soale ng nggonku ra model dolan karo tonggo jhe. *lah!! malah curcol

      Menurutku di bawah setaun ki statuse yo BO lho. Nek ora diwenehi rangsangan yg tepat perkembangan selanjutnya bisa terhambat. Pan lagi penyesuaian saka weteng emakโ€™e. Kayane BO crucial ki 0-2 taon yo?? Umur 2 taon juga para ahli mengatakan baru boleh diperkenalkan TV yo?? *lah!! malah takon.

      • weh, yo penak nek kerjone ngono tis ๐Ÿ˜€
        lha bocah2 sering diajaki lunga nang taman tho, ben begawul mbe kanca2ne..

        oh, ya temtu saja tiap saat perkembangan anak kuwi BO haha.. mung nek isih bayi rung iso dirangsang kon maca, apalan, dll.. stimulane isih nang warna, gerak, benda, suara

        nek sak wacaku nang artikel iki (http://qodrat.wordpress.com/2007/01/07/perkembangan-anak/) :
        “berdasarkan penelitian para ahli, kecepatan pertumbuhan otak manusia mencapai puncaknya dua kali, yaitu pada masa janin di usia kehamilan minggu ke 15 sampai 20, dan pada usia kehamilan minggu ke 30 sampai bayi berusia 18 bulan”.
        –>Yo brarti nganti meh 2 taunan kali ya.

        nek utk masalah TV (http://shediawidya.multiply.com/journal/item/8/Dampak_Nonton_TV_bagi_Anak) :
        “Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Amerika Serikat terungkap bahwa televisi ternyata cuma bagus untuk ditonton pada anak-anak dengan rentang usia tertentu. Pada anak di bawah usia tiga tahun (batita), dampak negatif televisi justru lebih terasa. Terbukti tayangan televisi dapat menurunkan kemampuan membaca, membaca komprehensif, bahkan penurunan memori pada anak. Batita yang terlalu sering menonton televisi akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan stimulasi yang baik bagi proses tumbuh kembangnya. Sebab, televisi cuma menyodorkan stimulasi satu arah. Dampak sinar biru pada Televisi memancarkan sinar biru yang juga dihasilkan oleh matahari. Namun sinar biru ini berbeda dengan sinar ultra violet. Sinar biru tak membuat mata mengedip secara otomatis. Namun parahnya, sinar biru langsung masuk ke retina tanpa filter. Panjang gelombang cahaya yang dihasilkan adalah 400-500nm sehingga berpotensi memicu terbentuknya radikal bebas dan melukai fotokimia pada retina mata anak.
        Sepuluh tahun kemudian saat anak sudah dewasa, kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar biru terlihat amat jelas. Retina mata tak lagi bening sehat seperti masa kanak-kanak sehingga kemampuan berfungsinya pun menjadi juga berkurang.”
        –>nek aku mbe swami Insya Allah meh menerapkan spy anak tdk terlalu sering nonton TV (opo neh ndelok acarane TV nang indonesia saiki -_-‘ ), nek perlu ra usah nonton skalian.. diganti dengan bacaan, kaset ato mungkin vcd yang bermanfaat

      • tisyonk says:

        Nek urusan TV anakku yo ra tau nonton tipi. Tenanan ra tau. Tipiku dadi pajangan tok!!! hihihihi. Ta ganti buku nggo story telling, radio online indonesia, youtube nggo anak2 & tilawah. Tur nek nonton tipi simboke ra mudeng bosone…gyahahaha!! ๐Ÿ˜€
        Aku lagi nggenjot anakku ben iso ngomong karepe opo pas mlebu playgroup, nggo meminimalisir bingung bahasa (secara ng nggonku kan playgroup’e nggo boso norwe), walopun sik nganggo kata2 karangane de’e dewe. Soale nek mung ngandelke dolan ng taman, yo gawule tergantung musim. Dadine pas winter uadem pol berarti ra gawul…wkwkwkwk ๐Ÿ˜€ Nek mlebu ng playgroup (walopun seminggu mung arep ta lebokke sing seminggu 2 kali), kancane iso luwih akeh & srawunge ora tergantung musim, hehehe… ๐Ÿ˜€ *curcol maning :P*

      • inta-ummu arsa says:

        dadi pgn pindah norwe. opo meneh ning kene. huhu cah2 arab ki nakal2. orak lahh nyeklahke arsa ning sekolah saudi. nik sekolah tahfidz bole lah…tp nik sekolah umum??huhuhu iso2 bali2 de e tas e dirampas:( tisa arep suwi ning norwe y? aq targete nik ning kene sui juga kudune isa melu kelas/madrasah ngono lah. ngisin2i 3thn ning kene g iso arabic

      • tisyonk says:

        Hahaha Podo bu…aku yo arep 3 taon ng norwe tapi boso norwe-ku super grotal gratul ra nggenah. Lha wong ng norwe wong2 podo iso boso inggris…hihi…

  3. rika says:

    Negara2 skandinavia ini memang hebat-hebat. Tiap ada survei2an pasti rajin bercokol di peringkat atas. Zadi kaghoom.

    • tisa says:

      Jangan salah bu. Negara kita tercintah juga ada di peringkat atas lho…untuk urusan korupsi & jumlah populasi tentunya…. *miris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s