Dana Pendidikan

Kepala saya cenut2 ketika membaca di sini yang mengatakan bahwa biaya kuliah di Bandung 12 tahun dari sekarang bisa lebih mahal daripada biaya kuliah di Paris dalam jangka waktu yg sama. Penyebabnya tentu saja inflasi di Indonesia yg benar2 sungguh sangat super kejam sekali. Di Indonesia inflasi biaya pendidikannya sekitar 10-20% & inflasi biaya hidupnya sekitar 10-12%. Sedangkan di Paris inflasi biaya pendidikannya sekitar 5-10% & inflasi biaya hidupnya sekitar 2-3%.

Sedangkan untuk Norway, saya tidak tahu inflation rate di Norway. Yang saya tahu, tuition kuliah saat ini di Norway’s second largest university jika di-convert ke Rupiah adalah sekitar Rp. 800ribu sajah per semester saudara pemirsa… *mlongo*

Ngobrol sana sini tentang dana pendidikan di Indonesia,  ada beberapa catatan penting yang menurut saya cukup informatif  :

  • Yg paling penting untuk persiapan dana pendidikan adalah : cari produk investasi yang bisa mengalahkan inflasi pendidikan. Biar nantinya ga kaget atau jadi kesel sendiri karena cape2 ngumpulin dana ternyata pas mu dipake ga cukup.
  • Tentukan konsep pendidikan secara keseluruhan. Maksudnya : kalo ngga ada tujuan kuliah ke luar negeri ato sekolah internasionl, ga wajib2 bgt kan ya masukin anak ke PG-TK billingual/international?
  • Average kenaikan biaya pendidikan per tahun utk TK-SMA = 20%
  • Average kenaikan biaya pendidikan per tahun utk S1 = 15%
  • Sebelum berinvestasi, identifikasi tujuan lo apa, dan kira2 future value-nya berapa? Satu produk untuk tujuan berbeda. Misalnya : investasi saham 16 thn untuk biaya S1, investasi campuran untuk biaya smp, jangan disatukan, investasi untuk setiap tujuan yg berbeda. Jadi dana untuk SD di-investasi-kan di produk A dan produk B, dana SMP di investasikan di produk B, produk C, investasi untuk dana SMU di produk C. jadi masing2 tujuan punya ‘rumah’ sendiri-sendiri.
  • Kalo punya lebih dari 1 anak : sebaiknya memang dipisahkan per masa sekolah (SD,SMP, SMA, Kuliah) dan per anak *pingsan*
  • Gudance investasi : investasi disesuaikan dengan jangka waktu pemakaiannya. yaitu : 1-5thn = RD pasar uang, 5-10thn = RD pendapatan tetap, 10-15thn = RD campuran, >15thn = RD saham.
  • Untuk investasi dana pendidikan jangka waktu <5thn, menabung/tabungan pendidikan masih OK. Sedangkan untuk di atas 5thn sebaiknya berinvestasi supaya bisa mengejar kenaikan biaya pendidikan.
  • Ketika itung2an biaya, asumsikan anak kita masuk sekolah swasta & universitas swasta
  • Kalo untuk kuliah ke luar negeri, asumsi inflasi biaya pendidikan yg kita pake adalah sekitar 10%. 5% untuk asumsi kenaikan biaya uang sekolah nya di sana (karena klo di LN, inflasi pendidikan ga setinggi di indo). 5% nya lagi untuk meng cover exchange rate IDR dengan mata uang mereka
  • Untuk dana S1 (apalagi di luar negeri) dana yg harus kita siapkan adalah uang pangkal, uang semesteran, dan living cost nya. Dari mulai dia masuk s/d lulus. jadi pas anak kita baru mau masuk S1, dana semua nya s/d dia lulus udah siap (standby di depan). Hal ini untuk mengurangi resiko anak kita putus sekolah di tengah2, karena dana kita ga siap dari awal.

Duhhh…masa saya harus back for good ke Indonesia setelah anak2 saya kelar kuliah siy??? *mewek di pojokan*

Advertisements

About tisyonk

A late-aged girl who just realized that destiny has made her to be a woman ^_^
This entry was posted in Financial Thingy. Bookmark the permalink.

2 Responses to Dana Pendidikan

  1. ocha says:

    Loh,knapa balik, nte? Di Norway kan enak..saya malah pengin kuliah disana aja kalo emg biayanya sgitu..kuliah di Indonesia biayanya mengerikan..semacam pembodohan massal..yg kaya saja yg bisa kuliah.. 😥

  2. tisyonk says:

    Eventually saya balik ke Indo lah hay. Saya orang kampung tulen yg kepengen menghabiskan hari tua di negeri sendiri…hehe.
    Iyah, sering miris kalo inget negeri sendiri. Kayanya cuma org kaya yg bisa hidup layak yah??? @_@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s