Financial Check

Sejak menerima amanah untuk membuat laporan keuangan bulanan untuk teman2 alumni SMA 3 Semarang angkatan 2000 (ALSTE 2000) & punya anak, saya jadi mikir ‘saya butuh dana berapa yah untuk menyekolahkan anak saya’? *kemana aja bu ko baru mikir?*. Saya tambah puyeng ketika mengetahui banyak sekali financial matters yg belum saya ketahui, seperti: asuransi apa aja yg perlu, investasi seperti apa yg optimal, endebre endebre yg ujung2nya bikin kepala saya tambah nyut2an.

Hasil ngobrol dengan pacar abadi saya (aka suami), akhirnya kami memutuskan untuk menyisakan waktu untuk bertemu dengan financial planner & pilihan kami jatuh pada planner dari QM Financial dengan alasan dulu waktu masih muda saya selalu nongkrongin Financial Clinic-nya Ligwina Hananto di Hard Rock FM & financial expertnya urbanmama dari QM Financial juga. Saya merasa cocok dengan cara penyampaian mereka yg tidak terkesan menggurui & menggunakan bahasa yg cukup mudah dicerna *OgahMikirBerat.Com*.

Karena padatnya jadwal kami di Indonesia *sok seleb*, saya menghubungi QM Financial sebelum berangkat ke Indonesia, dengan harapan ketika bertemu dengan financial planner,semuanya bisa kelar. Tadinya saya pikir ketika berhubungan dengan financial planner adalah: saya bercerita lisan kondisi kami & si planner memberikan solusi tentang pengaturan keuangan. That’s it. Ternyata saudara pemirsa, saya harus mengisi form sebelum bertemu dengan si planner. Masalahnya, form ini bener2 bikin saya merasa kembali seperti kuliah, isinya akun2 keuangan yg harus saya isi agar si planner mendapatkan gambaran detil mengenai kondisi keuangan kami; mulai dari pengeluaran, pemasukan, utang, investasi, en so’on en so’on. Mumet tenan aku!!!

Singkat cerita, ketika bertemu dengan si planner, saya hanya bisa manggut manggut & cengar cengir karena tambah mumet!! Karena ternyata checklist yg harus dipenuhi banyak benerrrrr….yaitu :

  • Dana Darurat. Puyeng euy..secara jumlahnya ko lumayan yah? Ngitungnya di sini
  • Asuransi Term Life. Saya sempat tanya, siapa yg harus diasuransikan? suami? istri? atau suami istri? Ternyata jawabannya tergantung pada jumlah penghasilan masing2 suami istri. Pada prinsipnya, yg diutamakan untuk diasuransikan adalah yg penghasilannya lebih besar yg mempunyai kemampuan lebih besar dalam menopang pengeluaran keluarga. Info tentang asuransi bisa diliat di sini juga.
  • Dana Pendidikan. Ini dia yg menjadi concern saya. Secara buntut udah 2 bo!! Kalau di Indonesia, kalkulasi harus menggunakan asumsi anak kita sekolah di sekolah swasta & jangan lupa…inflasi dana pendidikan di Indonesia naik sekitar 20% per tahun untuk TK-SMA swasta & 15% per tahun untuk swasta S1 & S2. Doh!! Kalo mikir ini, jadi males balik Indo… 😛
  • Dana Pensiun. Harus mikir investasi euy buat dana pensiun. Cara ngitungnya di sini.
  • Aset. Pengen punya apartemen di tengah kota di Jakarta yg bisa dikontrakin. Pengen punya tanah berhektar2. Pengen punya rumah yg halamannya bisa buat maen sepak bola anak2 gue. *wooiii…bangun oiii…bangunnnn…ngimpi mulu!!*
  • Asuransi Kesehatan. Yg ini yg bikin bingung. Asuransi ini kan cuma bisa di-klaim kalo kita sakit. Kalo untuk kasus saya yg ga tinggal di Indo,kaya-nya bisa di-skip dulu untuk asuransi yg ini *jingkrak2*..secara asuransi ini udah termasuk pajak yg saya bayar ke pemerintah Norway. Tapi kan eventually saya balik ke Indo, trus bijimana dong??? *kembali lesu setelah jingkrak2*
  • Asuransi Kesehatan setelah pensiun.  Tadinya saya pikir dana pensiun aja udah cukup. Tapi ternyata enggak euy. Udah tuir pan makin rentan sakit kan yah? *udah tau nanya*. Duh…another headache euy… -_-‘
  • Dana Liburan. Setelah ngeliat banyak PR keuangan di atas ko ga yakin kantong bakal ngijinin buat liburan yah??? *mewek*

Bujubuneng…banyak bener checklist-nya yah??? *pingsan*

About tisyonk

A late-aged girl who just realized that destiny has made her to be a woman ^_^
This entry was posted in Financial Thingy. Bookmark the permalink.

11 Responses to Financial Check

  1. inta-ummu arsa says:

    mmmmmmmh aku yo speechless klo ngomongin ini. tp my hubby bnr2 tawakal alallah. g pasrah tok tok an sih. tp g sedemikian mumet dgn perhitungan2 d atas kertas. iya emg rezeki mah Alloh yg atur tp kan kita tetep kudu me-manage jg ya tis?*iki sakjane my main poin opo siii:P* akhirnya kami mencoba u ga cm numpuk duit d tabungan tp jg menginvestasikan dlm bentuk asset. hikks sakjane aku wes kadung jupuk unitlink&aspend tis:(. yo wes lah gpp. moga si unitlink iso segera dicairke kalo ada tanah yg mau kami beli.
    btw ttg itung2an ini aku jadi inget ortu2 kita. apakah dulu mereka ribeut pin puyeng ngatur2 finplan gini? toh buktinya anak2nya pd bisa sekolah tinggi2. bnr, jg y rezeki itu ga cm 1+1=2. Alloh lah yg mencukupkan rezeki kita jg anak2 qt;))

    • tisyonk says:

      Hahaha… 😀
      Ini juga ga dibikin mumet ko jeng. Kemarin ketemu finanncial planner kan dalam rangka menimba ilmu untuk ber-ikhtiar gimana caranya biar yg ´sedikit´tampak ´banyak´…gyahahahaha!!! *ngakak miris :P* Ceritanya berilmu dulu baru beramal *sok bijak*.
      Iya2 euy…org tua dulu ga segitunya yak?? Mungkin karena kondisi ekonomi juga ga sesulit sekarang *analisa ecek2*.
      Bener bgt bu, Allah SWT lah yg mencukupkan rezeki kita & anak2 kita 🙂 *mencoba tersenyum tanpa rasa miris*

      • ckckck.. melu cekelan bathuk maca iki whahaha..
        nek aku emang ra bakat itung2an dadi yo paling banter nabung Tis hihi..
        ibu2 ojo lali nek meh mundut asuransi dll dilihat dari segi syari’atnya yaa ^_^ ben rizkine slain bermanpaat juga barokah

        aku ki pengen njupuk umah wae terbentur segi syari’at, ternyata walaupun bank berbasis syariah belum tentu sesuai syari’at, bisa jadi kekurangannya dari segi akad ataupun syarat yang harus dipenuhi T_T

        salam dari de khansa yg lagi bobok nglepus buat mas ibham, mas zidna, mas arsa n mas shifan *horee.. khansa nduwe mas akeh wekekek..

      • tisyonk says:

        Hahaha…mari kita cekelan bathuk berjamaah ><
        Menurutku siy aja mung nabung, value uang bakal kegiles inflasi…ng Indo kan inflasi-ne ra sopan…apa maning nggo pendidikan. Lagian jarene 'dont put it all in one basket'. Hellaaahhh….opo jal kuwi artine??? wkwkwkwk 😀 *isih nyekeli bathuk*

  2. inta-ummu arsa says:

    tul betul tul saiiii. emg kudune d tukoke lemah/dinar. kan hrgny relatif stabil tuh. bahkan cenderung naik.
    aku kalo suruh invest di RD gitu ah mikir2 lagi. *ga mudengan soale, huhu* prefer beli tanah deh*guayaaa:(*
    ah g jg loh dl malah ada sanering, inflasi indo kn tetep gila2an dr tahun ke tahun. yang aku tau, mesi eyangku cuma PNS tp tetep hidup sederhana. dan tiap anaknya mo masuk sekolah baru deh aset2nya dijual2in. mobil, tanah…

  3. nek nduwe rizki lebih emang sebaiknya diinvestasikan misalnya dengan beli tanah or rumah trus dikontrakne, lha nek aku saiki isone yo nabung whehehe.. i’m not put it all in one basket kok Tis.. nabunge dipencar2, sijine nggo nabung tuku umah, sijine nggo dana taktis, lan sapanunggalane *hihi.. podo wae judule nabung yo..
    yo sing penting kemanapun rizki kita dijlentrehkan, diusahakan tidak bertentangan dengan syariat walaupun keuntungannya terlihat menggiurkan…slurrrpp *hayah ^_^

    • tisyonk says:

      Rapopo to..sithik2 sik ae…
      Nek wis sugih aja lali karo aku yoo… *teteup*
      Pengenne siy ‘tidak bertentangan dengan syariat dengan keuntungan yg menggiurkan’…*dasar nggragas*

    • inta-ummu arsa says:

      indri, cari bank syariah yg murni syariah doonk ndri*iklan bgt*
      tp bnr loh jgn taroh uang di balik bantal*wahaha bahasane luweh indonesyan*.alias ojo mung nabung. nik iso mending diputerke nggo usaha ben berkah.

  4. didut says:

    kl kata Aidil Akbar sih reksa saham aja tis hihihi~

Leave a Reply

