Siap-siap MPASI

Kurang dari 2 bulan lagi, Ib’ham berumur 6 bulan. Artinya, kurang dari 2 bulan lagi saya harus sudah bisa bikin MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Mengapa menunggu 6 bulan?

  • Sebelum usia enam bulan, sebagian bayi belum memiliki koordinasi gerakan lidah dan menelan yang baik untuk makanan padat.
  • Tidak ada gigi sampai ia menginjak usia enam atau tujuh bulan.
  • Tidak saja bagian atas pencernaan bayi yang tidak dirancang untuk makanan padat yang diberikan terlalu dini, namun juga bagian dalam lainnya.
  • Usus bayi yang belum matang tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk menangani berbagai macam makanan sampai ia mencapai usia 6 bulan, saat enzim pencernaan mulai bekerja.
  • Ahli alergi pada anak-anak tidak mendukung pemberian makan yang terlalu dini, khususnya bila ada anggota lain dalam keluarga yang alergi terhadap makanan.

Sumber : The Baby Book by Dr. Sears

Membuat MPASI

Saya pro homemade MPASI dengan alasan lebih higienis & lebih sehat. Cuma ya itu…jadi mikir ‘Susah ga ya bikin MPASI?…Gimana kalo MPASI bikinan saya ga higienis,trus Ib’ham mencret?’

2 bulan sebenernya waktu yang cukup buat prepare. Tapi ceritanya jadi lain kalau orang kampung saperti saya lagi tinggal di kutub. Jadi resep2 MPASI juga harus menyesuaikan bahan-bahan ala bule. Lagian, ga lucu juga kalo anak saya nanti jadi anak yang paling kurus di sekolah *plis deh tis,anak baru 4 bulan uda mikirin sekolah :P* karena ga bisa makan roti tawar gandum bareng temen2nya. Intinya siy,sapa pengennya anak saya fleksibel. Bisa makan keju,tapi doyan tempe juga.

Beberapa hari ini saya browsing sana-sini buat ngumpulin resep2 MPASI. Nemu lumayan banyak resep MPASI ala Indonesia, tapi jadi pusing setelah tau kalo di Norway ga ada gasol buat bayi umur 6 bulan. Instead, adanya ‘grøt’. Sebenernya siy sama aja,cuma beda istilah. Tapi treatmentnya juga rada2 beda. Mulailah saya browsing untuk resep2 bayi Norway.Dan hasilnya….saya pusing juga…secara bahasa norsk saya masih kalah sama anak saya yang udah ngerti senyum2 sendiri nonton kartun bahasa norsk *lebay*.

Bottom line siy…Bismillah aja deh. Insya Allah bisa ko.. *menenangkan diri*. Yang jelas, saya lagi ngiler liat baby food maker merk Beaba ini. Cuma 1 tool tapi bisa macem2. Bikin pure cuma butuh 1 tool ini dari steam sampe grind-nya. Pengen beli siy…tapi setelah liat dapur saya yang sudah penuh dengan peralatan masak dari steamer sampe blender, rasayanya ko belum perlu yah… *GA perlu lebih tepatnya*. Tapi ya itu…tetep aja…ngiler bo!!! 😛

About tisyonk

A late-aged girl who just realized that destiny has made her to be a woman ^_^
This entry was posted in MPASI. Bookmark the permalink.

6 Responses to Siap-siap MPASI

  1. didut says:

    mantaff….saya mendukung blog ini jadi blog tentang pengalaman bari si ibu :))

  2. didut says:

    lah kok ngece? tenan ki 🙂

  3. Riri says:

    samaa.. si Beaba itu emang bikin naksir ya bu.. 🙂

  4. liza says:

    ikut penasaran sama Beaba ini, dijual di Indonesia gak ya?

    • tisyonk says:

      Waduhh..kalo di Indo ga tau euy..
      Tapi yg jelas, ga nyesel ko ga beli Beaba. Kayanya kalo jadi beli kemungkinan besar dipakenya cuma bentar bgt..hehehe

Leave a Reply

